Modifikasi Desain Botol Plastik Kemasan Air Minum Sebagai Mainan Edukatif

kopi

Pada sebuah iklan air mineral dikampanyekan memelintir botol setelah isinya habis kemudian membuangnya ke tempat sampah. Ini merupakan salah satu upaya untuk membuat sampah terkendali dengan mempersuasi konsumen melalui media iklan. Di negara maju cara ini teramat mudah untuk dilakukan, sementara di beberapa negara berkembang hasil pemakaian produk air minum dalam kemasan akan menjadi sampah tak terkendali. Persuasi melalui iklan di negara berkembang tidak akan memberi dampak berarti karena pengendalian sampah bukan merupakan prioritas kebutuhan hidup.

Jika sebuah mainan menjadi kemasan makanan dan minuman maka orang akan merasa sayang untuk membuangnya.

Desain suatu produk dapat menjadi alat yang ampuh untuk membuat sampah tak terkendali menjadi terkendali dengan mengubah perilaku pengguna produk. Sebuah mainan yang dijadikan kemasan produk makanan dan minuman akan membuat konsumen merasa sayang untuk membuangnya. Dasar pemikiran inilah yang melatarbelakangi desain ‘botoy‘ yaitu botol air minum dalam kemasan yang dapat digunakan menjadi mainan edukatif.

Desain merupakan cara yang ampuh untuk mengubah perilaku pengguna produk.

Desain ‘botoy‘ memungkinkan proses rangkaian botol tidak memerlukan tambahan lem, tali atau bahan lain yang kurang praktis. Untuk dapat membentuk ragam rangkaian seperti rumah-rumahan, perahu, pot bunga, dll. terdapat fitur tambahan yaitu ulir atau drat pada bagian pangkal untuk mengikat bagian ujung ke bagian pangkal dengan cara memutar seperti menutup botol. Ikatan ke samping menggunakan label sebagai pengait. Label didesain dengan tiga lubang dengan maksud untuk memasukan bagian ujung dan menguncinya dengan pangkal botol rangkaian lainnya atau dengan tutup botol itu sendiri.

view main
Konsep desain ‘botoy’ dengan penambahan drat pada pangkal botol dan label yang dapat dijadikan pengait.

Perusahaan bukanlah yayasan sosial, tujuan utama perusahaan adalah profit.

LEBO merupakan penelitian Achmad Fadillah, sebuah desain botol plastik kemasan air minum ramah lingkungan menjadi inspirator terciptanya botoy. Hasil penelitian Fadil berhasil dipamerkan dalam Dutch Design Week di Eindhoven pada tahun 2015. LEBO adalah kepanjangan dari ‘LEGO Botol’ dimana botol kemasan air mineral dapat disusun sedemikian rupa seperti memainkan permainan brick seperti merk LEGO dan menyusunnya menjadi beberapa bentuk. Desain pada kemasan ini bisa dikaitkan dengan meletakan bagian yang menonjol kedalam bagian yang berlekuk. Terdapat beberapa perbedaan secara bentuk antara LEBO yang berbentuk kotak menyerupai mainan lego sedangkan botoy tetap mempertahankan bentuk asli dari botol kemasan air minum.

Designer telah mempertimbangkan dengan mempertahankan bentuk botol yang round sesuai bentuk aslinya yang memiliki keunggulan secara ergonomis atau nyaman dalam genggaman konsumen. Penambahan ulir pada pangkal botol dan label tidak akan mengubah line produksi air minum dalam kemasan. Bayangkan jika desain botoy berbentuk kotak, perusahaan air mineral dalam kemasan akan berfikir ulang untuk menginvestasikan peralatan handling dengan ukuran dan proses yang baru mulai dari peyortiran, gerakan diatas konveyor, pengisian botol, pemasangan label hingga tahap pengepakan.

1416562564629643369_food2-flexlink
Conveyor pada line produksi minuman dalam kemasan, perubahan bentuk kemasan memerlukan bentuk conveyor baru yang sesuai.

Perusahaan bukan lembaga sosial, tujuan utama dari perusahaan adalah profit. Jika produksi air mineral dalam kemasan melakukan perubahan bentuk botol  maka akan menyebabkan cost yang mengurangi margin perusahaan secara signifikan, sehingga desain atau perubahan bentuk botol tersebut tidak layak untuk diaplikasikan layaknya sebuah high cost innovation yang kurang tepat sasaran. botoy dengan dimensi yang menyerupai botol air minum dalam kemasan tidak akan banyak mengubah line proses produksi sehingga peralatan handling dari botol biasa masih dapat digunakan untuk line produksi pengisian air ke dalam  botoy dan akan menghemat biaya investasi. Dengan mengaplikasikan botoy akan memberikan keuntungan bagi perusahaan air minum dalam kemasan pada produknya yang eye catching dengan nilai lebih berupa mainan, bagi lingkungan hidup desain ini akan secara otomatis membuat sampah menjadi terkendali.

Designer: Leonardo Bayu Adi Prasetya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: