Hujan Buatan Mampu Mengusir ‘Peneduh’ Dibawah Flyover

Jika peraturan tidak dapat menertibkan manusia maka gunakanlah desain untuk mengubah perilakunya

Sepeda motor merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia karena kehandalan dan fleksibilitasnya dalam menembus kemacetan maupun melewati jalan yang sempit. Pertumbuhan pengguna sepeda motor di Jakarta dan kota besar lainya semakin menjamur dengan mudahnya kredit pembelian unit sepeda motor.

Hujan merupakan musuh bagi orang yang bepergian dengan sepeda motor, maka diciptakanlah inovasi berupa jas hujan yang dirancang khusus untuk pengendara sepeda motor. Ketika hujan turun, pengendara sepeda motor harus bergegas untuk mencari tempat berteduh agar tidak basah kuyub akibat terpaan air hujan. Tujuan mereka berteduh adalah berhenti sementara untuk memakai jas hujan agar dapat melanjutkan perjalanan dan ada yang berteduh hingga hujan reda bagi pengendara yang tidak membawa atau memiliki jas hujan.

Sangat disayangkan pada saat hujan turun para pengendara motor berteduh pada lokasi yang seharusnya tidak digunakan untuk berteduh dan dapat merugikan pengguna jalan lainnya. Flyover yang melintasi jalan menjadi tempat favorit untuk berteduh dari guyuran hujan. Dengan banyaknya orang berteduh dibawah flyover maupun kolong jembatan penyeberangan mengakibatkan ruas jalan menjadi sempit dan menimbulkan kemacetan pada daerah tersebut.

Pihak kepolisian dalam hal ini Polda Metrojaya memberlakukan tindakan penilangan bagi pengendara sepeda motor yang berteduh di bawah flyover atau tempat lainnya yang mengganggu ketertiban lalu lintas. Peraturan tersebut tidaklah efektif mengingat personel polantas tidak selalu tersedia di setiap sudut jalan raya.

Anomali pola pikir pengguna jalan raya semakin membenarkan tindakan mereka yang berteduh di bawah kolong flyover. Tanpa sadar sebagian besar orang berprinsip kesalahan yang dilakukan secara bersama – sama akan menjadi sebuah kebenaran. Ada sebuah ungkapan yang menyatakan merekalah contoh beberapa manusia primitif di era modern. (baca: http://news.liputan6.com/read/2605765/alasan-pemotor-berteduh-di-kolong-tol-saat-hujan)

Peraturan yang dibuat tanpa diimbangi dengan kesadaran manusia tidak akan menyelesaikan permasalahan ini. Desain adalah sarana yang ampuh untuk mengubah perilaku manusia bilamana peraturan tertulis tidak mampu menanganinya. Ide desain yang digunakan untuk mencegah pengendara sepeda motor berteduh di bawah flyover adalah dengan menciptakan hujan buatan. Pada prinsipnya orang akan mencari tempat yang teduh, jika kolong flyover tersebut terjadi hujan buatan karena merasa tidak nyaman di tempat itu.

Hujan buatan yang dirancang pada bagian langit – langit kolong flyover berasal dari sebuah talang yang diberi lubang untuk mengguyurkan air mirip seperti hujan. Air yang mengalir ke talang ini berasal dari curahan air hujan yang tertampung pada jalan flyover. Proses kerjanya adalah ketika hujan turun, air hujan yang menggenang pada jalan flyover akan mengalir mengisi tandon air. Tandon air terhubung melalui saluran menuju sebuah talang berlubang yang dipasang diatas langit – langit flyover. Melalui lubang – lubang pada talang, air akan keluar kemudian tercipta hujan buatan untuk menciptakan keadaan yang kurang nyaman pagi pengendara yang berteduh di bawahnya.

12
 Konsep desain hujan buatan pada langit-langit flyover yang melintasi jalan.

Desain ini sangat tidak manusiawi bagi para pengendara motor yang berteduh dibawahnya, namun ini sebanding dengan perlakuan mereka terhadap pengguna jalan lainnya. Bagaimana jika ada mobil ambulance mengangkut pasien yang segera membutuhkan penanganan medis tapi terhambat perjalanannya akibat tindakan para ‘peneduh’ hingga nyawa pasien ini tidak tertolong. Desain ini cocok diaplikasikan di semua kolong flyover maupun bangunan lain yang melintasi jalan di wilayah Jabodetabek. Inilah letak kuasa sebuah desain yang mampu mengendalikan perilaku manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: